[dt_sc_simple_heading type=”simple” tag=”h1″ text=”Umroh Lailatul Qodar”]Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi[/dt_sc_simple_heading]

Malam Lailatul Qadr adalah malam yang istimewa sebab hanya terdapat pada bulan Ramadhan saja, terutama pada sepuluh hari terakhir. Sehingga umat Islam tak akan menyia-nyiakannya, setiap waktu akan diisi dengan melakukan amal kebaikan.

Ibadah umroh pun dapat dilaksanakan pada bulan Ramadhan, sehingga pada malam Lailatul Qadr Masjid Nabawi dan Masjidil Haram penuh dengan jamaah dari berbagai belahan dunia. Di sana selain mereka melakukan ibadah umroh juga I’tikaf atau berdiam diri di dalam masjid tersebut untuk beribadah.

Rasulullah SAW telah memberikan tuntunan amalan yang dapat kita lakukan pada saat melaksanakan umroh Lailatul Qadr sebagaimana disebutkan dalam hadist di bawah ini :

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Aisyah radhiallahu’anha sesungguhnya Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Biasanya Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam ketika memasuki sepuluh malam terakhir menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya serta mengencangkan kainnya (semangat beribadah dan menghindari isterinya).”

Selama melaksanakan ibadah umroh Lailatul Qadr kita akan hanyut dalam doa, melaksanakan sholat wajib dan sunnah serta membaca Al Qur’an, bahkan tak jarang para jamaah memilih bermalam di masjid Nabawi atau Masjidil Haram karena merasa saying dengan waktu yang terbuang bilang mereka harus kembali ke hotel.

Tentu agar dapat beribadah dengan nyaman dan beritikaf dengan khusyuk, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti tempat Anda menyimpan sandal atau barang bawaan lainnya yang mungkin Anda perlukan seperti selimut atau jaket yang dapat Anda gunakan sebagai bantal untuk tiduran atau beristirahat di masjid. Perhatikan pula perbekalan makanan dan minuman, bawa buah dan botol minuman yang dapat diisi dengan air zam-zam.

Di negara Arab Saudi sebagaimana negara kita yang menyelenggarakan acara buka bersama, di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram pun menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa hasil sumbangan para dermawan. Jamaah tidak perlu khawatir akan kekurangan makanan dan minuman baik untuk berbuka puasa maupun makan sahur.

Rasulullah sangat menganjurkan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadr untuk menunaikan qiyam pada lailatul qadar dengan penuh keimanan dan penuh pengharapan. Sebagaimana kita ketahui bahwa sholat tarawih di Masjidil Haram dapat berlangsung sangat lama hingga jauh malam sebab surat Al qur’an yang dibaca juga Panjang. Anda dituntut memiliki fisik yang kuat agar dapat mengikutinya. Selain melaksanakan sholat tarawih, Anda juga dapat menunaikan sholat tahajud.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dari Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam sesungguhnya beliau bersabda, “Barangsiapa yang berdiri (menunaikan shalat) pada malam lailatul qadar dengan iman dan harap (pahala), maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (Muttafaq ‘alaihi).

Bulan Ramadhan akan jatuh pada bulan Mei dimana Arab Saudi berada pada musim panas dengan iklim gurun yang terik, Anda harus dapat menjaga kondisi fisik. Bila Anda bermaksud menunaikan I’tikaf maka pada siang hari Anda sebaiknya beristirahat usai sholat dhuhur lalu kembali beraktifitas setelah sholat Ashar. Demikian pula sebaliknya, sehingga Anda akan cukup memiliki waktu beristirahat. Kondisi fisik yang terlalu Lelah ditambah dengan dehidrasi akan membuat Anda jatuh sakit yang tentunya dapat mengakibatkan amalan umroh Lailatul Qadr Anda kurang maksimal.

Saat terbaring sakitpun, Anda masih tetap dapat membaca Al Qur’an atau berdzikir. Doa yang dapat Anda baca antara lain :

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ANNA” (Ya Allah, sesungguhnya Engkau maha pemaaf mencintai kemaafan, maka maafkanlah aku).” (HR. Ibnu Majah, yang dishahihkan oleh Al Albani) 

Demikianlan keistimewaan melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadhan, semoga Anda dapat meraih keutamaan malam Lailatul Qadr.

ITENERARY

DAY 01 : JAKARTA – JEDDAH – MADINAH

  • Berkumpul di Bandara International Soekarno Hatta terminal 2D menuju Jeddah.
  • Tiba di Jeddah melanjutkan perjalanan ke Madinah dan cek in hotel untuk beristirahat.

 

DAY 02 : MADINAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan dilanjutkan Ziarah ke Makam Rasulullah saw dan shalat di Raudhah dalam Masjid Nabawi. Raudhah merupakan salah satu tempat mustajab berdoa. Dan tiba waktu berbuka puasa serta shalat tarawih berjamaah.

 

DAY 03 : MADINAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dilanjutkan CITY TOUR MADINAH berziarah ke Masjid Quba, Masjid Qiblatain, Masjid Sab’ah (Masjid Tujuh), Jabal Uhud, Jabal Magnit, Percetakan Al Quran dan berakhir di Pasar Kurma.
  • Jamaah kembali ke hotel untuk beristirahat.
  • Acara Bebas dan memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi. Dan tiba waktu berbuka puasa serta shalat tarawih berjamaah.

 

DAY 04: MADINAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah.Acara Bebas dan memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi. Dan tiba waktu berbuka puasa serta shalat tarawih berjamaah.

 

DAY 05 : MADINAH – MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan Siang hari jamaah bersiap-siap check out hotel menuju Makkah dengan Bus AC, sebelumnya mengambil Miqot di Bir Ali.
  • Jamaah tiba di Makkah dan cek in hotel untuk beristirahat sejenak dan jamaah kemudian melaksanakan UMROH PERTAMA.

DAY 06 : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

DAY 07 : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Lalu Sarapan pagi. Dan dilanjutkan CITY TOUR MAKKAH berziarah ke Padang Arafah, Jabal Rahmah, Jabal Qubais, Masjid Namiroh, Masjid Al Masy’aril Haram, Muzdalifah, Mina, Jabal Tsur, Gua Hira, dan berakhir di Masjid Ji’ronah mengambil Miqot.
  • Jamaah kembali ke hotel, Makan siang dan dilanjutkan melaksanakan UMROH KEDUA.
  • Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

DAY 08 : MAKKAH

  • Sahur danSholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

DAY 09 : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

DAY 10 : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

DAY 11 : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

DAY 12  : MAKKAH

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi.Acara Bebas dan Memperbanyak Ibadah di Masjidil Haram. Kembali ke hotel. Makan malam. Istirahat.

 

 

DAY 13 : MAKKAH – JEDDAH – JAKARTA

  • Sahur dan Sholat Subuh berjamaah. Dan sarapan pagi. Dan melaksanakan Tawaf Wada’. Lalu berangkat menuju Jeddah dengan bus AC.
  • Setiba di Jeddah, jamaah singgah di Balad Corniche Center dan CITY TOUR JEDDAH ke Makam Sayyidah Hawa, Masjid Terapung dan Laut Merah. Setelah berziarah, cek in hotel untuk beristirahat.

 

DAY 14: JAKARTA

  • Insya Allah jamaah tiba di Bandara International Soekarno Hatta Jakarta dan perjalanan ibadah kita selesai..